Selasa, 29 Maret 2016

7 Manfaat Luar Biasa Di Balik Bunga Sepatu Bagi Kesehatan

Post oleh : Unknown | Rilis : 01.59.00 | Series :
7 Manfaat Luar Biasa Di Balik Bunga Sepatu Bagi Kesehatan,-Bunga sepatu atau kembang sepatu merupakan tanaman yang dikenal mempunyai nentuk bunga yang indah dan berwarna-warni. Di negara Indonesia sendiri, pohon bunga sepatu banyak ditanam sebagai tanaman hias dan ada pula yang menggunakannya sebagai pagar hidup. Secara alamiah, bunga sepatu mempunyai nama latin Hibiscus Rosa Sinensis yang digolongkan dalam tumbuhan semak.

7 Manfaat Luar Biasa Di Balik Bunga Sepatu Bagi Kesehatan

Berdasarkan informasi yang diambil dari situs 1000macammanfaat.com, bunga sepatu mempunyai ciri-ciri bunga dengan mahkota berukuran besar, tidak berbau, ada jenis bunga sepatu, yaitu yang mempunyai mahkota selapis dan ada juga yang mempunyai bunga ganda atau daun mahkotanya berlapis. Bunga sepatu mempunyai bermacam-macam jenis yang dibedakan berdasarkan warnanya, ada yang berwarna merah, jingga, merah mudah, warna putih, warna kekuningan dan masih banyak lagi.Di balik tampilannya yang indah, bunga sepatu mempunyai manfaat yang dapat digunakan untuk pengobatan. Berkat semua kandungan nutrisi, zat dan sifat yang dimiliki oleh bunga ini, bunga sepatu mempunyai manfaat untuk pengobatan tubuh manusia. Seperti apa yang ada pada situs manfaatbuahdaun.blogspot.co.id, inilah manfaat bunga sepatu untuk pengobatan :

  • Mengobati Sakit Kepala
Kandungan sifat diuretik dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh bunga sepatu dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala dan dapat digunakan untuk mengobati rasa nyeri. Caranya cukup merebus bunga sepatu selama 30 menit dan ambil airnya untuk dikompreskan pada kepala yang terasa sakit.

  • Menurunkan Demam
Anak-anak biasanya rentan terkena demam karena sistem kekebalan tubuhnya belum dapat bekerja dengan baik. Ada cara alami yang dapat digunakan untuk menurunkan demam, yaitu dengan memakai tanaman bunga sepatu, caranya dengan mengambil akar tanaman sepatu, tumbuk hingga halus, rebuslah hingga mendidih selama 30 menit kemudian saring untuk diminum airnya sekaligus.

  • Mengobati Batuk Dan Sariawan
Tanaman bunga sepatu juga dapat digunakan untuk mengobati batuk dan sariawan, cara pembuatannya bisa dilakukan dengan mengambil beberapa lembar daun sepatu, cucilah hingga bersih, rebuslah sekitar 15 menit kemudian saring airnya dan minumlah secara langsung.
 
  • Mengobati Gondokan
Gondokan atau yang lebih dikenal sebagai penyakit gondok merupakan penyakit pembesaran dan pembengkakan kelenjar tiroid. Tanaman bunga sepatu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gondokan. Proses pembuatannya cukup mudah untuk dilakukan, yaitu hanya menggunakan akar kembang sepatu yang sudah direbus selama 30 menit dan gunakanlah untuk mengompres bagian tubuh yang terkena gondok.
 
  • Mengobati Penyakin Bronkhitis
Bronkitis merupakan sebutan yang digunakan apabila terjadi peradangan pada bronchus, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menggunakan bunga sepatu dengan cara merebusnya sekitar 15 menit, kemudian ambil airnya untuk diminum.
 
  • Dapat Digunakan Untuk Menyembuhkan Gonorrhea
Gonorrhea merupakan penyakit kencing nanah, penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan dari bunga sepatu. Caranya, siapkan bunga sepatu secukupnya, rebuslah sekitar 15 menit, kemudian saring airnya dan diamkan selama semalam, lalu minumlah ramuan tersebut pada keesokan harinya.
 
  • Mengatasi Gigitan Serangga
Di dalam bunga sepatu terdapat kandungan antiseptik, anti-inflmasi dan diuretik, sehingga bunga sepatu dapat digunakan untuk menyembuhkan gigitan serangga. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu hanya menyiapkan bunga sepatu yang sudah dicuci bersih, kemudian gosok-gosokkan pada bagian tubuh yang terasa gatal akibat gigitan serangga.

Itulah sedikit informasi yang bisa disampaikan tentang manfaat bunga sepatu. Sebenarnya, masih ada banyak manfaat dari bunga sepatu seperti di bidang kecantikan maupun kesehatan tubuh. Semoga pada artikel-artikel berikutnya penulis dapat menjelaskan manfaat bunga sepatu secara keseluruhan, sehingga dapat memberikan banyak wawasan untuk para pembaca sekalian.Bagi yang suka dengan kecantikan mungkin kamu bisa mengunjungi ahlinya kesehatan kulit yang satu ini :-)

google+

linkedin