Minggu, 27 Maret 2016

5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Post oleh : Unknown | Rilis : 23.03.00 | Series :
5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal
5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal,-Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang saat bisa dibilang penderitanya semakin meningkat.Banyak sekali jeins-jenis penyakit yang menyerang organ ginjal ini,seperti Ginjal Bocor,gagal ginjal,pembengkakan ginjal,ginjal polikistik,kanker ginjal,tumor ginjal,dll.

Tentunya setiap penyakit memiliki pantangan-pantangan dan ajnuran anjuran apa saja yang harus dikonsumsi dan yang tidak boleh di konsumsi,nah berikut ini daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal secara keseluruhan,seperti diantaranya yakni sebagai berikut ini :

5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal
1. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Yang Tinggi.

  • Nasi : Nasi memang merupakan makanan utama atau makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, karmakanan-mengandung-karbohidratena nasi mengandung karbohidrat tinggi dan sumber tenaga. Tetapi bagi mereka yang mempunyai ginjal yang sudah sakit, lebih baik jangan memakan nasi karena tidak cocok di konsumsi oleh si penderita.
  • Gandum : Meskipun gandum mempunyai karbohidrat dan sangat bagus untuk tubuh, tapi hanya berlaku bagi mereka yang sehat saja. Sedangkan bagi penderita penyakit ginjal, gandum merupakan asupan makanan yang menyulitkan saat di cerna.
  • Kentang : Begitu juga dengan kentang, seperti hal nya nasi yang mempunyai karbohidrat yang tinggi. selain itu kandungan proteinnya juga akan menyebabkan rasa haus timbul, sedangkan penderita ginjal tidak di perbolehkan terlalu banyak mengkonsumsi mineral.
  • Umbi-umbian : Jenis umbi umbian seperti singkong, ubi, talas, dll. mempunyai ikadar gula yang cukup tinggi dan pada saat mengkonsumsinya akan menimbulkan rasa haus.

5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal
2. Makanan Yang Bersumber Dari Hewani Yang Mempunyai Kadar Protein Yang Tinggi.

  • Daging : Daging merupakan makanan yang mengandung protein hewani yang tinggi, termasuk jenis daging yang sering di konsumsi seperti; daging sapi, daging kambing, daging ayam, dll. Bahkan jeroanpun sangat tidak baik untuk kesehatan ginjal. Karena daging yang mempunyai kadar protein tinggi akan membuat ginjal bekerja lebih besar, sehingga tidak baik di ikonsumsi oleh penderita penyakit kelainan pada ginjal
  • Ikan Laut : Ya, ikan laut juuga mempunyai protein yang tinggi dan tidak seharusnya penderita kelainan pada ginjal mengkonsumsinya. Sebaiknya penderita lebih selektif lagi untuk memilihi jenis ikan yang mengandung omega 3
  • Kuning telur : Karena makanan yang mengandung protein akan menyulitkan pada saat proses penyaringan racun pada ginjal, maka kuning telur yang mengandung protein yang tinggi di usahakan untuk di hindari oleh penderita kelainan pada ginjal.

5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal
3. Hindari Makanan Yang Mengandung Kalium Dan Pottasium Tinggi.

Makanan yang menganudng kalium, fosfor, dan pottaisum akan memupuk dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalah tubuh. Hal ini akan menambah kerja ginjal dua kali lipat. Sehingga makanan ini perlu untuk di hindari. Makanan yang mengandung pottasium dan kalium yang tinggi antara lain :
  • Keju
  • Buah tertentu : Apel, alpukat, jeruk, pepaya dan pisang
  • Sayuran tertentu : Seledri, kembang kol, bunci, daun pepaya.

5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal
4. Makanan Yang Mengandung Kadar Natrium Yang Tinggi.

Konsumsi garam berlebih akan membahayakan kesehatan termasuk kesehatan ginjal, namun banyak sekali orang yang kurang teliti terhadap makanan yang tidak di sadari mengandung kadar garam yang tinggi. Berikut adalah makanan yang mengandung natrium yang tinggi :
  • Roti, Makanan Beku, Kacang kalengan, Sup kalengan, sereal, saus tomat, saus spagethy, dressing pada salad, dan minuman soda yang rendah kalori.

5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal
5. Makanan Yang Mengandung Kadar Fosfat Yang Tinggi

Makanan yang mengandung fosfat yang tinggi akan menyebakan ginjal tidak bisa menyaring dan mengeluarkan racun yang ada di dalamnya, sehingga memicu untuk timbulnya komplikasi penyakit lain, yaitu gagal jantung. Makanan makanan yang di larang tersebut antara lain : Minuman beralkohol, atau minuman soda, Cokelat, Kacang kacangan, Keju, Yogurt, Ice Cream, daging olahan seperti dalam kaleng, sarden, tiram.

google+

linkedin