Rabu, 22 Juni 2016

10 Makanan Yang Efektif Melawan Flu Dan Pilek

Post oleh : robi gaspar | Rilis : 02.00.00 | Series :
10 Makanan Yang Efektif Melawan Flu Dan Pilek,-Musim pancaroba selalu identik dengan yang namanya flu dan pilek. Sebelum Anda mulai terjangkit virus tersebut, ada baiknya jika Anda mulai mencoba melindungi diri sendiri dengan meningkatkan kekebalan tubuh melalui makanan-makanan kaya akan nutrisi yang bisa membantu Anda melawan berbagai macam penyakit.

10 Makanan Yang Efektif Melawan Flu Dan Pilek



Kali ini kami merekomendasikan 10 makanan yang dapat membantu Anda melawan flu dan pilek, sebagai berikut:

  • Salmon
Ikan berlemak seperti salmon memiliki kadar protein yang tinggi serta mengandung asam lemak omega-3. Dimana protein diperlukan untuk mensintesis struktur dari sistem kekebalan tubuh termasuk bagian kulit, membran sel dan antibodi. Tanpa protein, sistem kekebalan tubuh diibaratkan sebagai seorang tentara tanpa pedang yang dibiarkan tak berdaya melawan virus dan bakteri penjajah.

  • Yogurt
Yogurt selain tinggi akan protein ternyata juga memiliki kandungan probiotik, dimana probiotik tersebut sudah digunakan sejak dahulu sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Fungsi dari yogurt tersebut adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi lebih kuat. Hal tersebut bisa terjadi karena bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt menekan perkembangan bakteri jahat yang berasal dari dalam tubuh supaya tidak mengalami peningkatan.

Bahkan saat ini beberapa penelitian terbaru menunjukan bahwa bakteri probiotik yang terkandung di dalam yogurt efektif mencegah infeksi saluran pernapasan seperti flu. Asupan bakteri probiotik secara rutin juga membantu mengurasi durasi dan tingkat keparahan dari gejala flu.

  • Bawang Putih
Siapa yang mengira tanaman yang biasa digunakan sebagai salah satu bahan baku memasak ini ternyata juga efektif digunakan sebagai obat melawan flu dan masuk angin. Bawang putih merupakan salah satu sumber alami terbaik dari quercetin, dimana quercetin ini menjanjikan potensi untuk menekan rhinovirus yang menjadi sumber penyebab penyakit flu dan masuk angin.Bawang putih mengandung quercetin, yang efektif melawan virus penyebab pilek dan flu.

Bawang putih  juga bersifat antiviral, antijamur dan sifat antibakteri yang dapat membantu Anda untuk tetap sehat.  Selain itu, bawang putih juga masuk ke dalam daftar list makanan yang paling sedikit mengandung pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya. Kebanyakan masyarakat Eropa mendukung mengenai penggunaan bawang putih untuk mengobati batuk, pilek dan sinusitis.Bawang putih mentah dilaporkan memiliki paling banyak manfaat kesehatan. Manfaat dari bawang putih ini akan tetap bertahan selama 10 menit sebelum dimasak meskipun Anda memotong atau menghancurkannya.

  • Telur
Dalam satu telur berukuran sedang mengandung 6,8 gram protein (sementara jumlah protein yang di sarankan oleh FDA adalah sebanyak 50 gram). Protein sangat penting untuk membentuk otot dan menjaga tubuh Anda tetap sehat dan kuat. Disamping itu, telur juga kaya akan vitamin dan mineral termasuk B6 dan B12 yang berkontribusi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

  • Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Kacang-kacangan juga merupakan sumber terbaik dari selenium dan seng. Dimana kedua mineral tersebut penting untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Kacang Brazil dikenal sebagai kacangan-kacangan yang paling banyak mengandung selenium dan Chestnut Jepang memiliki kandungan zinc yang tinggi.

  • Paprika Dan Sayuran Berwarna Hijau Gelap
Mungkin Anda berpikir jeruk merupakan buah yang paling banyak mengandung vitamin C. Tapi Tahukah Anda paprika dan sayur-sayuran berwarna gelap seperti bayam, selada, kubis dan brokoli ternyata mengandung vitamin C yang lebih tinggi. Meskipun begitu, perlu diketahui vitamin C tidak dapat mengobati flu hanya saja mereka dapat mengurangi waktu Anda terjangkit virus ini.

  • Jahe
Jahe sudah dikenal sebagai obat universal. Pedas dan panas dari jahe membantu memecah lendir untuk membantu membersihkan saluran pernapasan dan mengurangi gejala sembelit. Jahe juga mengandung phytochemical yang membantu melawan virus yang dapat menyebabkan penyakit pernafasan. Jahe tersedia dalam bentuk kapsul, dan Anda dapat mengambil 250 sampai 500 mg sampai tiga kali per hari. Namun, jahe segar dalam teh atau dimasak bersama makanan tentu saja akan jauh lebih baik.

  • Makanan Yang Mengandung Zinc
Makanan-makanan yang mengandung zinc seperti kacang-kacangan (kacang kering, kacang polong, atau kacang kedelai), biji labu, biji-bijian, daging sapi dan telur paling efektif digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal pilek. Jika Anda terlanjur sudah terjangkit virus ini maka zinc akan mengurangi gejala dan membantu Anda sembuh lebih cepat.

  • Teh Hijau
Green tea atau teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang paling menarik karena potensinya untuk mencegah flu dan pilek. Katekin, merupakan senyawa yang sama yang bertanggung jawab untuk menurunkan berat badan. Teh hijau telah terbukti menghambat aktivitas adenovirus flu serta virus influenza tertentu.Mungkin Anda bisa menambahkan sedikit perasan lemon atau vitamin  C lainnya ke dalam teh Anda. Penelitian menunjukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan jumlah catechin yang tersedia untuk tubuh.

  • Selada Air
Selada air adalah sayuran yang penuh dengan nutrisi. Selada air sudah digunakan sejak dahulu sebagai obat tradisional untuk mengobati gejala masuk angin seperti pilek dan batuk. Selain rendah kalori, selada air juga mengandung segudang vitamin C. Anda bisa menggunakan sayuran ini sebagai salad atau tambahan dalam sandwich.



10 Makanan Yang Efektif Melawan Flu Dan Pilek

google+

linkedin